Cerita Si Kancil dan Buaya

Cerita tentang sikancil yang cerdik dan buaya yang dibodohi oleh si kancil.

Kancil adalah hewan yang cerdik dan tidak sombong sehingga dia memiliki banyak teman didalam hutan, namun akibat kemarau yang berkepanjangan yang mengakibatkan didalam hutan tersebut persediakan makanan berkurang.

Ilustrasi photo by techinasia.com
Pada siang hari dengan terik matahari yang panas si kancil pergi kesungai untuk minum agar tenggorokanya tidak kering lahi, akhirnya pergilah sikancil ke sungai dan mimum sepuasnya.

Pada saat itu sikancil melihat banyak sekali persediakan makan namun itu ada di sebrang sungai, karena si kancil tidak pandai berenang akhirnya si kancil pergi menyusuri sungai dan berharap ada jembatan untuk menyeberangi sungai tersebut.

Si kancil pun berjalan terus selama satu jam lamanya namun tidak ada dijumpainya jembatan untuk melintasi sungai tersebut, namun dia melihat buaya yang sedang berenang bersama dengan segerombolan temannya, dan si kancilpun memamnggil buaya tersebut.

Halo buaya,. Aku diperintahkan oleh nabi sulaiman untuk menyeberangi sungai ini menuju ketepian sana, jika kau mau mebantuku kau akan mendapatkan hadiah.

Benarkah,..?!! tanya si buaya penasaran.

Tentu saja, maukah engkau membantuku menyebrangi sungai ini, jika kau mau nanti kau akan mendapatkan hadiah dari nabi sulaiman.

Si buaya pu akhirnya tergoda dengan hadiah yang dikatakan oleh si kancil dan akhirnya si buayapun menghantarkan si kancil sampai di seberang sungai.

Sampai di seberang si buaya meminta hadiah yang dikatakan si kancil tadi kalau dia mengantarkanya ke seberang sungai.

Lalu kancil pun berkata,.. O'ya,. aku lupa hadiahnya tadi sudah dibagikan kepada buaya-buaya yang lainya dan sudah hadis,. jadi kalian tidak dapat hadiah.

Si buaya pun marah dan berkata,. aku tidak akan membantumu lagi dan jika jika kita jumpa lagi aku akan memakanmu kancil.

Si kancil berlari gembira meninggalkan si buaya yang sedang marah kepadanya menuju ke persediakan makanan yang dia lihat tadi.

Maka dari itu akhirnya si buaya dan si kancil bermusuhan sampai sekarang ini.