Kisah Nelayan Yang Bersyukur

Seorang nelayan yang sedang duduk santai di pinggir pantai sambil menghisap sebatang roroknya lalu berbaring didekat perahu miliknya. Tiba-tiba datanglah seorang pengusaha mendekati si nelayan yang sedang bermalas-malas tersebut.

Kenapa kau tidak pergi menangkap ikan, tanya di pengusaha tersebut kepada si nelayan yang sedang duduk santai.


Karena aku sudah menangkap ikan dan hasil ikan hari yang aku tangkap uangnya sudah bisa mencukupi makanku sehari ini, jawab si nelayan.

Mengapa kau tidak menangkap ikan yang lebih banyak dari yang kau perlukan, kata si pengusaha. Dengan santai si nelayan menjawab, "Untuk apa ?".

Kau bisa menggunakan uang lebihmu itu untuk membeli jala baru, atau kau bisa mempperbaiki lagi peahumu agar kau bisa menagkap ikan lebih baik lagi.

Terus ?. tanya nelayan.

Kau bisa pergunakan uang lebuhmu itu untuk keperluan lain yang lebih besar, seperti membeli perahu baru, atau membeli beberapa perahu agar kau bisa menjadi nelayan sukses, kata si pengusaha.

Selanjutnya aku harus berbuat ap,. tanya si nelayan.

Dengan begitu kau bisa beristirahat dengan tenang menikmati hasil tangkapanmu.

Menurutmu aku sekarang sedang apa ?. Bukankah aku sedang istirahat..!!.
Lebih baik kita bekerja dan menjaga kondisi tubuh kita, saat kita mengejar dan terus mengejar al hasil tidak akan maksimal, istirahatkan lah sejenak untuk menjaga tubuh kita tetap baik untuk langkah selanjutnya. Jangan pernah memaksakan diri sendiri.
Semoga tulisan singkat ini bermanfaat untuk kita semua. Jangan lupa untuk berbagi keteman kita yang lainnya.